Konfigurasi Storage Report Management (FSRM) di Windows Server 2012


Assalamu'alaikum wr, wb. kembali lagi dengan saya Galang Sutarna Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yaitu Konfigurasi Storage Report Management pada windows server 2012 ada fitur Storage Report Management ini ada di FSRM (File Source Resource Management) jadi bagi yang belum lihat tutorialnya bisa klik disini. jadi pada Tutorial kali ini ialah pada windows server kita bisa membuat laporan khusus pada kapasitas hard disk kita dari pada bingung bagaimana konfigurasinya mari kita mulai saja :D

Oke pertama yang harus kita lakukan ialah buka Server Manager > File Server Resource Manager
Lalu Klik Kanan  Pada Bagian Storage Reports Management > Generate Report Now... bisa juga dengan klik di bagian Menu Action

Pada Menu Settings kalian bisa pilih laporan yang di inginkan contoh jika saya hanya Quota Usage maka centang saja disitu banyak pilihan seperti Large File,Duplicate File dll lalu di bagian Format Laporan saya menggunakan HTML dan CSV jadi itu sesuka kalian saja ingin bentuk apa laporannya :D
Dibagian Scope kita bisa menentukan drive mana yang ingin di report contoh jika saya drive C:\
Dibagian Ini kita pilih Wait For Reports to be Generateed and then display them yang artinya Tunggu hingga Laporan Dibangkitkan dan kemudian tampilkan
Lalu Akan Muncul Laporannya dari drive C:\ disini saya akan lihat Laporan dari Quota Usage dengan format HTML
Maka Tampilannya Akan Seperti Ini
Lalu Untuk Format CSV maka Tampilannya Akan Seperti Ini..,disini saya menggunakan WordPad
ya itulah sekian dari saya semoga bermanfaat..,jika ada kesalahan kata yang tidak disengaja mohon di maafkan :D jadi intinya pada Tutorial kali ini di Fitur FSRM ini ada Storage Report Management yang kita bisa gunakan sebagai Laporan Ukuran kapasitas dan jenis pada suatu drive kita atau folder kita..,mungkin itu aja wassalamu'alaikum wr. wb.
Click here to Download