Konfigurasi File Screening (FSRM) di Windows Server 2012

File Screening adalah salah satu cara untuk membatasi aksi file virus atau file apa saja yang menurut kita sebagai Administrator membahayakan komputer server kita, Screening merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Windows Server 2003 SP2 sampai Windows Server yang terbaru pun masih memakai fitur ini.File Screening digunakan untuk pengontrol type file apa saja yang kita ijinkan untuk dapat disimpan dalam server dalam bentuk ekstensi. Seperti mengeblok type file semua ekstensi .exe tidak boleh disimpan dalam server berarti kita gunakan *.exe.Screening juga bisa digunakan secara aktif ataupun pasif. Aktif yang berarti semua file yang di blok tidak akan diijinkan sama sekali masuk dalam directory Screening, sebaliknya pasif untuk mengijinkan atau membatalkan blok Screening

http://www.kuliaharsip.web.id/ 

Assalamu'alaikum wr. wb. kembali lagi dengan saya Galang Sutarna :v !! pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Sedikit Tutorial yaitu Cara Konfigurasi File Screening di Windows Server 2012..,jadi File Screening ini adalah fitur dari File Server Resource Manager (FSRM) bagi yang belum lihat  bisa lihat Postingan Saya sebelumnya disini yaitu cara menambahkan fitur FSRM di windows Server 2012 oke mari kita mulai saja tahap konfigurasi

Klik Menu Tools dan pilih File Server Resource Manager
Disini Kita Buat File Groups dimana yang nantinya akan kita buat sebagai List file Ekstensi yang ingin kita izinkan dan tidak di izinkan
Untuk Pembuatan nama Group bebas lalu disitu Tertera Include dan Exclude jika Include dimana sebuah file berekstensi akan ditolak akses atau tidak diizinkan lebih tepatnya kalau Exclude ialah File Berekstensi akan diberi akses atau di izinkan contoh jika saya memberi tolak akses atau memblokir file .mp3 dan .mp4 lalu mengizinkan .txt maka menjadi *.mp3,*.mp4 dan .*txt perlu diingat harus pakai tanda *
Otomatis ada file Groups yang sudah kita buat tadi
Sekarang tahap pembuatan File Screen Template klik kanan pada menu File Screen Template.. bisa juga lewat menu Action
Untuk penamaan bebas untuk tipe screening bisa pilih Active Screening karena agar file yang di blok tidak diizinkan sama sekali untuk di simpan.., untuk File Groups Pilih yang sudah kita buat tadi sebelumn nya
Disini saya menggunakan Event Log untuk notifikasi jadi jika ada seseorang yang Menyimpan suatu File Yang sudah kita File Screening Pathnya maka akan Ada notifikasi di Event Log nantinya
Pastikan File Screen Templates yans sudah kita buat ada
Sekarang saatnya Menentukan File Path yang kita inginkan untuk File Screening nantinya klik kanan pada menu File Screen lalu Create File Screen..bisa juga lewat menu Action
Disini saya menggunakan File Screen Path yang sudah saya tentukan lalu bagian Properties sesuaikan nama Template yang sudah kita buat tadi sebelum nya
Pastikan Sudah Ada File Screening sudah ada
Sekarang Saatnya Pengujian coba kalian masukkan sebuah File Yang Berektensi yang sudah di Include jika saya .mp3 dan .mp4 pada path yang sudah dikonfigurasi File Screening maka akan ada pesan You need Permission Perform this Action
Jika tipe file yang saya exclude ialah .txt maka akan diizinkan
Jika kita melihat di Service manager > Tools > Event Log maka  akan muncul sebuah notifikasi
ya itulah sekian dari saya semoga bermanfaat mohon maaf jika ada kesalahan yang saya tidak sengaja.., jadi inti dari artikel hari ini ialah kita bisa Mengatur atau Manage sebuah file dari Fitur-Fitur FSRM ini oke sampai sini aja di lain waktu saya akan memberikan tutorial lainnya.., See You Wassalamu'alaikum wr. wb.
Click here to Download