Mengatasi Brightness GNU/Linux tidak berfungsi di Processor AMD

Akhir Akhir ini saya mengalami masalah terhadap intergrated graphic di Processor AMD, masalah tersebut ialah tidak bisanya atau tidak berfungsinya Brightness alias terang terus menerus, membuat mata saya sakit ketika malam hari 😆

 

Saya menggunakan Linux Base Debian. Cara ini mungkin berfungsi di Base lainnya Seperti Ubuntu, Arch, dll

 

Spesifikasi dan DE yang saya gunakan ialah :

OS: Kali GNU/Linux Rolling x86_64 
Host: Legion 5 Pro 16ACH6H
Kernel: 5.10.0-kali9-amd64
Uptime: 19 mins
Packages: 2274 (dpkg)
Shell: zsh 5.8
Resolution: 2560x1600
DE: Xfce 4.16
WM: Xfwm4
WM Theme: Kali-Dark
Theme: Kali-Dark [GTK2/3]
Icons: Flat-Remix-Blue-Dark [GTK2/3]
Terminal: qterminal
Terminal Font: FiraCode 10
CPU: AMD Ryzen 7 5800H with Radeon Graphics (16) @ 4.000GHz
GPU: NVIDIA GeForce RTX 3070 Mobile
GPU: AMD ATI 05:00.0 Cezanne
Memory: 1684MiB / 31435MiB

Kernel 5.11.7, 5.12-rc3, dan yang lebih baru memungkinkan parameter kernel amdgpu.backlight = 0 diteruskan saat boot untuk memperbaiki masalah ini di Laptop /komputer berprocessor AMD.

 

Untuk Mengatasi Masalah Ini, edit file /etc/default/grub . Sebagai contoh saya edit menggunakan text editor nano  , perintah yang dimasukan nano /etc/default/grub , Tambahkan baris line berikut.

GRUB_CMDLINE_LINUX="amdgpu.backlight=0"
Jika sudah ditambahkan, agar konfigurasi di file grub bisa berjalan saat mesin dijalankan atau dinyalakan, langsung saja eksekusi perintah sudo update-grub


lalu restart komputer/laptop kalian, maka otomatis brightness akan berfungsi semestinya😁

Click here to Download