Konfigurasi DNSv6 Server Debian/GNU Linux


Assalamu'alaikum wr. wb. Pada kali ini saya Akan Memberi cara bagaimana.. kita membangun DNS Menggunakan IPv6 address? Mari Simak baik baik... bagi kalian yang belum tahu penerapan IPv6 Address di Debian/GNU Linux silahkan lihat tutorial yang ada disini https://digazumxyz.blogspot.com/2020/01/penerapan-ipv6-address-di-debian.html kali saya menggunakan IPv6 Address fdec:cdef:dead::20 


Pertama Tama Paket yang kita butuhkan yang populer untuk membangun DNS Server di Linux ialah bind9 maka masukkan perintah apt-get install bind9 
Langkah Selanjutnya ialah memasuki direktori konfigurasi bind, tepatnya di /etc/bind langkah pertama yang kita lakukan ialah mengcopy konfigurasi local domain serta local ip dengan contoh saya copy di konfigurasi baru yaitu db.local serta db.ip maka masukkan perintah cp db.local db.domain && cp db.127 db.ip lalu setelah itu kita edit file named.conf.local 
Kali ini saya Menggunakan Domain ukkcaturglobal.com yang saya intergrasikan dengan IP fdec:cdef:dead::20 maka input yang dimasukkan di file ip6.addr.arpa ialah f.d.e.c.c.d.e.f.d.e.a.d.2.0 arahkan file ke penempatan yang sudah ditentukan sebelumnnya 
Selanjutnya edit file db,domain terlebih dahulu, disini kita mengedit dan menambahkan domain serta IPv6 serta Subdomain... pastikan AAAA atau catatan alamat IPv6 memetakan sebuah nama host ke alamat IP 128-bit (untuk IPv6). pada kali ini saya membuat subdomain menggunakan CNAME atau catatan nama kanonik membuat alias untuk nama domain. Domain yang di-alias-kan memiliki seluruh subdomain dan record DNS seperti aslinya
Setelah Itu edit file db.ip sama seperti sebelumnnya disini hanya sedikit berbeda... masukkan Hektet terakhir dari IPv6 yaitu saya fdec:cdef:dead::20 berati hektet terakhir ialah 20 intergrasikan dengan domain serta subdomain lainnya
Langkah Selanjutnya... Agar ter-resolv DNS Server yang kita buat... Maka edit dibagian /etc/resolv.conf  isikan IPv6 Server yang di gunakan untuk DNS 
Lalu restart service agar berlajan...
Untuk Pengujian disini kita menggunakan nslookup coba cek apakah berhasil menggunakan CNAME Untuk alias atau subdomain kalian...
Ya Sekian dari saya.. Tunggu Tutorial berikutnya.... Wassalamu'alaikum.....
Click here to Download