Konfigurasi Virtual WLAN di Router MikroTik

Assalamu'alaikum wr. wb. kembali dengan saya Galang Sutarna :D jadi pada kesempatan kali saya akan memberikan sebuah tutorial yaitu Konfigurasi Virtual WLAN di Router Mikrotik oh iya jadi saya ini meneruskan tutorial sebelumnya yaitu Konfigurasi Wireless pada Router MikroTik jadi pada kasus kali ini wlan1 sebagai penghasil internet dari Wifi lain jadi anggapannya si wlan1 ini sudah disetting DHCP Client dari Wifi lain lalu disini ada namanya Virtual wlan jadi saya buat virtual wlan  untuk wlan1 anggapannya gini si wlan1 sudah menjadi client akses point lain lalu disini kita membuat akses point baru dengan virtual wlan dari pada bingung kita lakukan saja konfigurasinya :)

Pertama klik Tab Wireless > Virtual 
disini kita buat akses point jangan lupa mode ap bridge agar bisa melayani seluruh client lalu SSID ialah nama akses point tersebut nah disini yang paling penting master interface fokuskan ke wlan1 lalu di Security Profile ialah sebagai Password Dari Akses point tersebut jadi sebelumnya jangan lupa untuk membuat Security Profile untuk Password si Akses Point  
Lalu Tambahkan IP address untuk Akses pointnya pastikan arahkan ke wlan2 yaitu virtual
Sekarang saatnya Konfig DHCP Server akses pointnya untuk client nantinya pastikan arahkan interface ke wlan2 
Sesuaikan Address Space
Sesuaikan Gateway
Sesuaikan Range 
Sesuaikan DNS
Sesuaikan Lease Time
Jika berwarna merah artinya tidak ada client yang terhubung
Sekarang Cek di Laptop atau HP pastinya yang sudah support untuk wifi :D
Ya itulah sekian dari saya semoga bermanfaat wassalamu'alaikum wr. wb.


Click here to Download